Kejujuran Dalam Ngeblog?

Mungkin masih banyak blogger yang sampai saat ini masih bingung dalam menentukan tujuan ngeblognya. Oleh karena itu, walaupun sudah lama ngeblog, mereka masih saja belum merasakan kenikmatan yang sesungguhnya dalam ngeblog. Atau dalam kata lain, belum sama sekali merasakan sebuah suasana yang enjoy, nyaman dan bahagia dengan apa yang telah dia lakukan selama ini dengan blognya. Yeah, itu memang tidak terlepas dari sifat manusia yang memang seringkali terkena penyakit bosan dan malas dalam melakukan sesuatu. Tapi sudahkah anda bertanya pada diri sendiri, sebenarnya apa sih tujuan saya ngeblog? Dan apa yang sudah saya capai hingga saat ini dengan blog saya?

Kejujuran dalam berbagai hal memang penting. Termasuk dalam urusan ngeblog. Mungkin terlalu berlebihan apabila kita menganggap blog adalah segalanya. Tapi dengan keseriusan dan optimalisasi penuh, saya rasa itu sangatlah wajar. Apabila kita pada satu saat nanti menginginkan sesuatu yang lebih dengan blog yang kita miliki.

Kejujuran dalam hal ini didefinisikan sebagai sebuah perasaan yang benar-benar keluar dari dalam hati dan nurani kita untuk mengeluarkan seluruh aspirasi dan imajinasi kita dalam melakukan aktivitas ngeblog. Baik itu dari segi tampilan, ataupun dalam segi kontent. Jadi pada intinya, kita berusaha untuk total dalam semua kegiatan ngeblog kita. Total dalam hal ini, adalah menyeluruh dan tidak setengah-setengah dan selalu berusaha menjadi diri sendiri.

Sebenarnya saya kurang suka dengan para blogger yang sedikit memaksakan sesuatu dalam blognya. Semisal blog-blog yang fokus terhadap SEO tapi tidak mengindahkan aspek kenyamanan para pembacanya. Saya rasa mereka belum jujur dengan blognya sendiri, ataukah memang tujuan ngeblognya tidak sama dengan para blogger yang hanya fokus dan konsisten dalam membuat tulisan-tulisan yang bermutu dan bernilai tinggi plus membawa banyak manfaat bagi yang membacanya. Ah jangan sampai saya salah menjudge ya? Toh memang orientasi masing-masing blogger itu berbeda-beda. Tapi dalam hal ini, saya selalu menghimbau bahwa apabila kita ingin eksis dalam dunia blogging, maka alangkah baiknya anda selalu mengkondisikan blog anda dengan semua aspek yang ada dalam dunia blogging. Misalnya aspek pembaca yang berwujud manusia dan pembaca yang bersifat mesin (search engine). Memang ada perbedaan tujuan dari kedua aspek pembaca ini, tapi alangkah bijaknya apabila anda bisa menyelaraskan kebutuhan pembaca ini dengan membuat sebuah blog yang memang wajar, berisi tulisan yang sarat keyword tapi masih tetap enak untuk dibaca oleh teman-teman anda.

So.. pada intinya. Dengan adanya kejujuran dalam ngeblog, kita bisa menjadi diri kita yang lebih baik. Tidak berusaha membohongi diri kita dengan membuat sebuah blog yang isinya tidak sesuai dengan apa yang kita suka, dan tidak berusaha untuk menjadi orang lain. Menjadikan orang lain sebagai panutan memang boleh saja, tapi itu tidak menjadikan anda persis orang tersebut kan? Seperti ketika anda ngefans dengan Raditya Dika, apakah anda juga harus menjadi Raditya Dika dalam segala hal? Tentu tidak bukan? Alangkah baiknya kita menjadi blogger yang percaya diri dan memiliki ciri khas yang berbeda dengan orang lain. Jadi, apakah anda sudah jujur dalam ngeblog?

0 komentar:

Posting Komentar