Haruskah Migrasi Blog Gratisan Ke Blog Berbayar?

Ada rasa berat sebenarnya  ketika saya memutuskan untuk migrasi blog dari wordpress.com ke wordpress.org. Waktu itu blog saya yang berjudul abuhanzhalah sudah memiliki traffic yang tinggi hingga mencapai alexa rank 200 ribuan walau page ranknya masih 0. Dan sampai saat ini walaupun sudah jarang saya update tapi jumlah kunjungannya masih lumayan bagus.

Tapi ketika saya sharing sama teman blogger yang sudah senior, ternyata keberadaan blog kita akan lebih bagus dan bisa mempunyai prospek yang jelas ketika blog kita menjadi blog berbayar dengan domain dan hosting sendiri. Persepsi ini tidak bermaksud merendahkan para blogger yang tetap konsisten dengan kegiatan bloggingnya di blog-blog gratisan semacam blogspot.com, wordpress.com, multiply.com dan situs-situs penyedia layanan blog gratis lainnya.

Dan ternyata memang tujuan dari setiap blogger dengan keberadaan blognya juga berbeda-beda. Kita tidak bisa menjudge bahwa dengan blog berbayar, blog kita akan lebih bagus. Itu sebuah kekeliruan, karena walaupun blog kita berbayar tapi kita tidak bisa memanagenya ya sama aja dengan bohong. Karena hasilnya akan nihil, apalagi kalau prospek kita membuat blog adalah untuk berbisnis. Ketika blog tersebut tidak menghasilkan sepeser uangpun maka keberadaan blog berbayar tersebut bisa dibilang gagal.

Jadi sebenarnya lebih baik saya sarankan, sebelum anda membuat blog. Pikirkan terlebih dahulu apa tujuan dan prospek anda kedepannya dengan blog tersebut. Kalau hanya untuk sekedar buku diary dan curhat mungkin di blog gratisan juga tidak apa-apa. Tapi ketika anda menginginkan blog anda untuk berbisnis, maka saya sarankan lebih baik anda mencoba menyisihkan sedikit uang anda untuk menyewa domain dan hosting sendiri. Walau sebenarnya tidak menutup kemungkinan di blog gratisan juga bisa, tapi seperti yang dibilang para master bahwa dengan blog berbayar, blog kita akan terlihat profesional dan terpercaya di mata para pembeli dari bisnis kita.

Saya rasa kebanyakan dari para blogger, bisa untuk membayar sewa domain dan hosting per tahun. Paling cuma 200 ribuan saja. Tapi ya itu kembali ke tujuan masing-masing blogger bahwa mereka mempunyai tujuan dan persepsi sendiri tentang blog mereka. Apakah kita sudah membutuhkan untuk bermigrasi ke blog berbayar atau sudah cukup enjoy dengan blog gratisan? Saya rasa anda bisa memprediksikannya sendiri ^^

0 komentar:

Posting Komentar