Cara Menulis Konten Yang Bagus

Masih seputar ngeblog dan menulis nih. Kali ini saya akan sharing tentang cara menulis konten yang bagus. Konten disini, maksudnya adalah tulisan untuk blog atau web kita. Dan bagus yang saya maksudkan adalah dari segi kualitasnya. Apabila saya perhatikan, biasanya pembaca blog jarang menghabiskan waktu mereka untuk membaca tulisan kita secara utuh. Mereka hanya akan memperhatikan sekilas dan jika tidak menarik menurut mereka, pasti tulisan kita akan langsung ditinggalkan atau minimalnya akan langsung berkomentar walau dengan alasan hanya untuk menggugurkan kewajiban membalas kunjungan saja. Ironis sekali kan? Padahal kita mengharapkan apresiasi lebih ya dari pembaca untuk tulisan kita itu.

Untuk itulah, masalah konten ini memang harus kita perhatikan sekali. Ujung tombak dari sebuah blog adalah konten blog itu sendiri. Kalau pembaca sudah enggan membaca tulisan di blog kita. Maka itu pertanda kita harus mereview lagi tulisan-tulisan kita terutama dari segi kualitas tulisan tersebut. Ada beberapa tips dari blogger senior yang mungkin bisa membantu anda dalam membuat tulisan yang bagus, diantaranya adalah:

1. Buatlah daftar tulisan
Maksudnya adalah melakukan sistem pelabelan atau kategorisasi untuk blog kita. Baik itu bagi anda yang menggunakan blogspot.com, wordpress.com atau blog-blog yang berdomain sendiri. Setiap label atau kategori akan mewakili tulisan-tulisan dari jenis yang sama sehingga jika pembaca tertarik, mereka bisa mengklik label atau kategori tersebut dan keluarlah nanti tulisan-tulisan yangs sejenis. Nah, buatlah daftar ini menggunakan kata-kata yang tepat dan memang bisa mewakili tulisan-tulisan anda.

2. Jenis tulisan
Di dunia internet, tulisan yang menggunakan bold (tulisan tebal), italic (tulisan miring), dan underline (garis bawah) akan membantu mesin pencari dalam menelusuri situs anda. Hal itu turut meningkatkan popularitas blog tersebut di search engine. Di samping itu, penggunaan efek khusus pada tulisan ini bisa memberikan penekanan pada pembaca tentang apa yang sebenarnya ingin anda sampaikan.

3. Gambar
Penggunaan gambar turut menarik perhatian pembaca. Namun, mungkin perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan gambar secara berlebihan karena akan memperlambat waktu loadpage. Efeknya, web atau blog akan lebih lambat muncul ketika diklik, awalnya ingin untung eh malah buntung.

4. Jeda
Sediakanlah sedikit jeda pada tulisan, mungkin antar paragraf. Tujuannya agar para pembaca tidak merasa terlalu dijejali ketika membaca tulisan yang bertumpuk-tumpuk. Dengan adanya jeda, mereka akan memiliki kesempatan untuk menarik nafas terlebih dahulu untuk kemudian melanjutkan membaca tulisan kita sampai selesai.

5. Paragraf pendek
Jangan terlalu memaksakan tulisan muncul dalam satu paket utuh. Bagilah ke dalam paragraf-paragraf kecil sehingga mungkin akan lebih nyaman bagi pembaca anda.

6. To the point
Jangan biarkan pembaca membaca tulisan yang bertele-tele karena hal itu tidak akan menyenangkan bagi mereka. Pastikan mereka sudah mendapatkan ide tentang tulisan anda di awal kalimat, dengan kata lain, sesegera mungkin.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi anda para blogger yang ingin mengisi blog anda dengan postingan-postingan yang baik dan berkualitas. Semua tips diatas dimaksudkan supaya blog kita bisa lebih baik lagi dan bisa menebar banyak manfaat bagi para pembacanya.

Salam ^^
Inspired by Assep Purna Mulyanto dalam bukunya Membangun Program Satu Juta Blog.

0 komentar:

Posting Komentar