Idealisme Dalam Menulis

Terkadang ada sebagian pembaca yang menyarankan saya untuk mencoba menulis sebuah tulisan yang bagus, yang memotivasi, dan yang menginspirasi. Apalagi kalau sudah berbicara tentang SEO dan kedudukan blog kita di mesin pencari semisal Google. Mungkin kita akan sedikit merasa stress ya, karena ternyata untuk dikenal di mesin pencari, kita harus sangat memperhatikan isi dari tulisan tersebut. Bukan hanya sekedar asal-asalan dan isinya cuma curhat semata.

Tapi terkadang sih.. saya juga merasa bahwa saya hanya membohongi diri sendiri, jika saya terlalu banyak mengikuti keinginan para pembaca. Jadi mulai saat ini saya hanya akan  menulis ketika saya ingin menulis, karena menulis bukan sebuah keharusan yang dipaksakan. Saya tidak ingin menjadi seorang blogger karbitan yang menulisnya hanya ketika ada sebab yang menyemangatinya. Ketika sebab itu hilang, maka mati suri lah blognya. Dan kandas pula title Blogger sejati dari dalam dirinya hehe. Maka dari itu, memantapkan niat dalam ngeblog itu perlu sekali, supaya kedepannnya kita bisa menjadi seorang blogger yang konsisten dan istiqomah. Penting gituh? :D

Sebenarnya kegiatan menulis adalah sebuah kegiatan yang mengasyikan menurut saya, saya senang menulis dari sejak kecil. Terbukti sewaktu saya sekolah dulu,  saya pernah menjuarai beberapa lomba menulis antar sekolah,  dimana imajinasi dan fantasi saya waktu itu diasah dalam merangkai kata demi kata hingga akhirnya terbentuklah menjadi sebuah tulisan. Banyak orang yang merasa begitu sulit dalam mengungkapkan ide-ide di dalam otaknya apabila harus dituangkan melalui tulisan, tapi bagi saya menulis itu adalah sebuah tantangan, ketika jiwa menulis itu telah kita dapatkan, maka ia akan mengalir bagaikan air, begitu lancar dan begitu mudah seolah-olah apa yang ada dibenak saya dapat terbaca oleh jari jemari saya di atas tuts keyboard ini.
Jadi biarkanlah orang berkata apa mengenai tulisan kita, yang penting adalah kita sudah bisa mencoba menulis dan berusaha untuk tetap menulis walau terkadang yang terjadi adalah postingan kita terkesan seperti tidak penting dan tidak jelas maksudnya. Tapi biarkanlah, karena dengan seiring waktu tulisan kita pasti akan menemukan jiwanya. Dan ketika kita memiliki sebuah blog, maka biarkanlah ia menceritakan apa adanya kita, jangan sampai kita malas untuk meng-update postingan cuma karena kita merasa stuck ditengah jalan memikirkan apa yang akan kita posting. Padahal, banyak sekali hal-hal yang bisa kita angkat, jadi tidak usah mengangkat hal hal yang terlalu berat dicerna dalam tulisan kita. Hal-hal kecil disekitar kita juga bisa kita jadikan sebuah tulisan. Tips-tips ringan atau informasi yang ringan, bermanfaat juga kan bagi para pembaca? Itu akan lebih bagus dibanding kita sok-sok an mengomentari berbagai hal dan peristiwa  terbaru yang mungkin hanyalah sebuah isu atau kabar hoax saja, yang ada kita nanti malah salah dalam mengeluarkan opini dalam tulisan kita.

Tapi walaupun begitu, sebenarnya kita memiliki sebuah etika dalam dunia blogging dan aturan tak tertulis yang seharusnya telah menjadi mafhum bagi para blogger. Dimana etika dan rules (aturan) ini akan menjaga batasan bagi para blogger dalam aktivitas bloggingnya supaya tidak kebablasan dan melanggar hukum, adat, norma dan agama.

Jadi mulai sekarang, marilah kita semangat lagi di dalam menulis. Menulis hal-hal yang memang ingin kita tulis, keluarkan saja unek-unek itu, yang telah mengganjal hati dan fikiran kita supaya ia bisa lepas dalam tawa,  juga bisa terisak dalam tangis.

Salam

0 komentar:

Posting Komentar